
1. Kemungkinan adanya
oli/gemuk berasal dari
kebocoran oli seal/
seal felt pada pulley
sekunder. Oli seal
pulley sekunder yang bocor mengakibatkan
grace dapat keluar
dan membasahi
permukaan gesek
antara kampas
kopling dan rumah kopling yang
berdampak selip atau
judder. Untuk
mengatasinya dengan
cara membersihkan
area singgung dengan pembersih khusus
atau alcohol dan tentu
ganti seal yang rusak
dengan yang baru
seharga kurang lebih
Rp 25.000.-per pcsnya.
2. Tidak ratanya
permukaan singgung
kopling dengan
rumah kopling. Hal ini
dapat diatasi dengan
meratakan kampas kopling dengan
mengunakan amplas,
yang tentunya harus
memperhatikan
ketebalan kampas
kopling hingga 2 mm karena itu batas limit
keausan kampas
koplingnya.
3. Perkopling yang
sudah lemah dan tidak
seimbang. Perbedaan
kekuatan dan panjang
bebas perkopling
mempengaruhi waktu bersingungan masing-
masing kampas
dengan rumah
kopling sehingga
berdampak getar alias
judder, hal ini dapat diatasi dengan
menyamakan panjang
bebas per kurang
lebih 32 mm dan
pastikan tidak ada
luka pada sisi singgung Per dengan
kampas.
4. Clucth housing oval
alias tidak bulat.
Hal ini biasanya di
sebabkan karena
motor di paksa kerja
berat pada kodisi jalan berat, atau pemakaian
tidak wajar lainya,
yang berdampak
ovalnya cluct housing
sehingga sisi
permukaan singung dengan kampas
menjadi tidak rata.dan
obatnya tentu ganti
dengan part yang
baru seharga kurang
lebih Rp 150.000,- Nah ketahuankan sebab
musababnya motor matic
kesayangan kok judder,
tinggal kalkulasi
perkiraan biayanya, dari
keterangan diatas jika hanya penyebabnya no.2
or 3 cukup jasa perbaikan
aja senilai Rp.30.000.-
untuk no 1 atau no 4 ya
tinggal tambah biaya part. Jika beberapa hal tersebut
di atas telah di kerjakan
di jamin judder bakal
enyah dari motor matic
kesayangan , pasti
kenyamanan dan performa motor kembali
ok.
By Hartanto
Service advisor
Yamaha central 1 yogya.
JL.P.MANGKUBUMI
sumber:yamahasumberbarumotor.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar